Mahmudin Ashar contact
Chief author, Open Source enthusiast, Web Programmer, and UI/UX Designer.
Monday, February 6, 2017 at 9:37:00 PM

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilkada) DKI dilakukan pada hari rabu, tanggal 15 Februari 2017. Berikut kami tampilkan hasil real count yang dihimpun oleh KPU melalui input dan scan Formulur C1 dari TPS serta hitung cepat (Quickcount) beberapa lembaga survei yang telah terdaftar di KPU Prov DKI *Lembaga survei yang resmi untuk melakukan survei, pemantau dan hitung cepat (quickcount) terdaftar di KPU Provinsi DKI dihalamanberikut.

Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur DKI tahun 2017 diikuti oleh 3 pasang calon dimana kesemuanya memiliki basis masa (maya/nyata) yang sangat fanatik sehingga atmosfer pilkada DKI terasa sampai ke seluruh wilayah nusantara.

Profile 3 Calon Gubernur dan wakil Gubernur DKI Jakarta 2017

Sebelum kita membahas perolehan suara ke-3 calon gubernur, mari kita lihat profile mereka dengan meng-klik poster dibawah, profile berikut adalah profile resmi yang diserahkan tim kampanye calon Gubernur dan Wakil Gubernur jakarta ke KPU Provinisi DKI Jakarta.

http://kpujakarta.go.id/file_lampiran/BB2%20AGUS%20-%20SYLVIANA.pdf
http://kpujakarta.go.id/file_lampiran/BB2%20BASUKI%20-%20DJAROT.pdf
http://kpujakarta.go.id/file_lampiran/BB2%20ANIES%20-%20SANDIAGA.pdf
mana menurut kamu yg paling menarik ?

Real Count (Scan dan Entry) Formulir C1 dari KPU

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia melakukan real count (sementara) dari hasil enrty dan scan Form C1 yang ada di TPS yang di masukan oleh masing-masing operator di Kabupaten/Kota yang dikirim kemudian diproses oleh KPU RI, berikut hasilnya (hasil berikut adalah LIVE dari server KPU)

Beberapa hal yang menjadi dapat menjadi catatan adalah, hasil hitungan KPU tersebut adalah bersifat sementara, "Apakah artinya tidak dapat dipercaya ?", jawabnya : "Tidak juga seperti itu". Hasil yang akan direlease dan dijadikan patokan seorang calon Gubernur dan Wakil Gubernur menajadi pemenang dalam kontes pilkada adalah rekapitulasi di tingkat Kabupaten/kota (Pilkada Bupati/Walikota) dan rekapitulasi di tingkat Provinsi (Pilkada Gubernur). Semua data yang terekap dalam rekapitulasi tingkat kabupaten/provinsi semua berasal dari suara di TPS namun penulisan dan penjumlahan yang ada C1 dapat salah, sehingga perlu dilakukan ralat ditingkat atasnya dengan berita acara. Walaupun demikian, hasil real count diatas dapat dijadikan gambaran hasil pilkada secara umum :). 

Hitung Cepat (Quickcount) Lembaga Survei Pilkada DKI Jakarta 2017

Berikut Daftar Lembaga survei yang melakukan Hitung Cepat (Quickcount) dalam pilkada DKI Jakarta 2017 (berikut adalah data LIVE)
  • Indikator Politik dan Polmark (via vivanews.co.id)

  • INews (via okezone.com)

  • Saiful Mujani Research & Consulting, LSI, dan Polmark (via detik.com)

  • #KawalPilkada (via jpnn)
Hompipers! mari ikut mengawal hasil Pilkada dengan membagikan artikel ini dengan tagar #kawalPilkada, baca juga bagaimana cara (mekanisme) KPU dalam mengkonversi suara menjadi perolehan suara disini.