Mahmudin Ashar contact
Chief author, Open Source enthusiast, Web Programmer, and UI/UX Designer.
Monday, April 17, 2017 at 7:05:00 PM

Form C1 7 segment merupakan trobosan yang dilakukan KPU untuk mempercepat proses perekapan suara (e-recap), 7 segment merupakan metode penulisan 'angka' yang mengikuti format digital, 7 segement sebetulnya adalah cara yang dipakai oleh perangkat elektronik (misal : jam digital) untuk menunjukan informasi numerik. Dalam metode rekapitulasi menggunakan model 7 segment, seorang petugas KPPS mendapatkan blangko C1 berbeda dari blangko C1 pada umumnya, blangko C1 pada model 7 segment dilengkapi dengan gambar transparan pola 7 segment dimana angka yang akan dituliskan oleh KPPS harus mengikuti pola dan kolom yang disediakan. Tujuan penggunaan model 7 segment ini adalah untuk menyeragamkan tulisan yang ada dalam C1 serta mempercepat proses entry data TPS ditingkat kabupaten (meniadakan input manual, semua input dilakukan otomatis melalui aplikasi).

Sumber Data

KPU hanya menerapakan penulisan model 7 segment dalam form rekapitulasi yang ada di TPS (C1), dalam pola 7 segment sebetulnya tidak ada perbedaan sumber data dari c1 model konvensional yaitu hasil rekapitulsi tingkat TPS atau bisa juga menyebutnya sebagai hasil salinan dari C1 model Plano. Item informasi yang dituliskannya dalam c1 model 7 segment pun juga sama persis dengan c1 model konvensional antara lain jumlah pemilih, jumlah pemilih yang hadir, serta jumlah perolehan masing-masing calon, berikut contoh perbandingannya :

C1 Model Konvensional


C1 Model 7 Segment

Tujuan dan Manfaat 7 Segment 

Apa tujuan dan manfaat bagi KPPS dan KPU dalam penerapan metode 7 segment ini ? 7 segment sebetulnya adalah jalan tengah (alternatif) yang dilakukan oleh KPU dalam menyandingkan teknologi dengan kebiasaan masyarakat karena latar belakang geografi dan kualitas SDM penyelenggara pemilu di tingkat bawah sangat beragam. Dengan diterapkannya mode 7 segment sebetulnya tidak banyak yang berubah dari kegiatan masyarakat dalam menuliskan hasil rekap (menulis sperti biasa pada kertas c1), yang berubah hanya pada point-point tertentu yang harus dituliskann sesuai dengan pola yang disediakan. Manfaat yang diperoleh oleh KPU antara lain :
  1. tulisan akan lebih mudah dibaca, kerena terdapat pola 7 segment sehingga tulisan akan lebih mudah dikenali dan dibaca (beberapa orang memiliki character tulisan yang sulit dibaca oleh orang lain) 
  2. dalam proses scanning C1 di kabupaten, operator dikabupaten tidak perlu malakkukan input ulang, karena isi dari c1 yang dituliskan dengna 7 segment akan otomatis dibaca oleh aplikasi.