Mahmudin Ashar contact
Chief author. Open Source enthusiast and Web Programmer Who Working in KPU.
Tuesday, February 12, 2019 at 1:05:00 AM

Pemilu Pintar adalah sebuah aplikasi android untuk penyelenggara pemilu khususnya Kpps/Pps untuk mensuport pelaksanaan tugas-tugas pemungutan dan penghitungan suara, beberapa fitur dapat digunakan seluruh KPPS/PPS di inonesia. Pemilu Pintar 2019 telah diupdate dengan penambahan fitur-fitur baru antara lain Kalkulator C1 dan QR Code Scanner, apa yang berbeda dari Pemilu Pintar sebelumnya ?


Dashboard Pemilu Pintar 2019
Install atau Update Pemilu Pintar
Anda dapat menginstall pemilu pintar melalui smartphone android anda dengan menggunakan kata kunci Pemilu Pintar di pencarian Playstore atau melalui link berikut :
https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.kpu.hitsu

Kalkulator C1
Kalkulator C1 ditujukan untuk KPPS/PPS/PPK/KPU untuk menghitung kesesuaian aritmatika (penjumlahan) dalam pengisian formulir C1, DAA, DA1, DB sehingga kemungkinan kesalahan penulisan dapat dikurangi. Fitur ini sebaiknya digunakan oleh KPPS sebelum C1-Plano disalin kedalam C1.
Kalkulator C1
Scan QR Code 
menjadi sebuah standard baru bagi KPU beberapa dokumen dilengkapi dengan kode pengecekan dalam QR Code, mulai dari DPT sampai C6 dilengkapi dengan QR Code. Agar penyelenggara dapat mengecek isi dari QR Code tanpa menginstall banyak aplikasi pihak ke-3 maka Pemilu Pintar dilengkapi dengan fungsi ini sebagai all in one service.

Untuk implementasi tingkat advance dalam implementasinya KPU dapat memanfaatkan fitur ini sebagai absensi online yang dapat mendeteksi pemilih sudah terdaftar atau belum serta menggunakan hak pilih atau belum. Fitur ini dapat menjadi benteng bagi KPU dalam menangkal pemilih menggunakan hak pilih lebih dari 1x (selain menggunakan tinta).
C6 yang dilengkapi dengan kode pengecekean QR Code
Pengecekan DPT Nasional (Pemilu 2019)
Sudah menjadi keharusan bagi KPPS nomor 4 untuk mengecek pemilih yang datang menggunakan KTP dalam DPT agar KPPS tidak salah dalam mengklasifikasikan pemilih tersebut (DPT/DPTb atau DPK), melalui fungsi ini KPPS terbantu dalam mengidentifikasi pemilih tersebut, Pemilu Pintar 2019 terkoneksi dengan portal lindungihakpilihmu.kpu.go.id.
Pencarian DPT, Klik detail untuk routing ke TPS
Cek DPT dengan Routing ke Lokasi TPS
di beberapa tempat, cek DPT melalui Pemilu pintar dapat menunjukan lokasi TPS pemilih yang bersangkutan beserta lokasi TPS yang dapat di routing ke lokasi TPS tersebut.
Routing ke lokasi TPS
Lokasi TPS (Geografi)
Adakalanya KPU RI sampai KPU Kabuapaten membutuhkan detail lokasi TPS berbasis GPS untuk melakukan monitoring, aplikasi ini di lengkapi dengan menu pemetaan TPS serta memberikan kemudahan bagi KPU/PPK/PPS untuk mengecek lokasi tersebut dan me-routing nya.
 
Halaman Lokasi TPS dan Marking TPS
Foto C1 Plano Pemilu 2019 dan Input perolehan suara dari C1 Plano
Seluruh C1-Plano untuk Pemilu Presiden, DPR, DPD, DPRD Prov, DPRD Kabupaten akan di dokumentasikan melalui Pemilu Pintar, langkah ini ditempuh agar pada saat kesalahan penulisan C1 maka dapat diketahui isi plano nya (C1 Plano) tanpa harus membuka kotak.

Halaman entry C1 dan upload Foto C1 Plano
Perolehan berbasis Geografi
Seluruh Perolehan yang diisi melalui Aplikasi Pemilu Pintar di android akan disimpan diserver, kemudian server akan mengolah data tersebut menjadi sebuah sistem informasi berbasis geografi (GIS) untuk diketahui calon mana yang menang di setiap TPS/Desa/Kecamatan.

Hasil entry C1 Plano yang di wujudkan dalam bentuk Peta.
Pastikan KPPS/PPS/PPK di lingkungan anda tinggal memanfaatkan tool ini, mari majukan Pemilu Indonesia melalui inovasi!.