Hompimpers! Senang sekali di beberapa tempat diadakan AppChallenge dan Hackaton untuk menyambut dan memeriahkan penyelenggaraan pesta demokrasi di tahun 2018 dan tahun 2019 yang akan datang. Hal ini menandakan bahwa isu pemilu saat ini telah menjadi sebuah isu yang renyah, dimana siapa saja tanpa menjadi ahli dapat memperbincangkannya, sambil minum segelas kopi di kafetaria. 

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap data-data kepemiluan, kami sangat senang sekali untuk berpartisipasi langsung menyajikan  beberapa data kepemiluan khususnya Pemilihan 2018 dan Pemilu 2019, melalui data yang dapat diolah kembali dalam bentuk API/JSON. Bagi kamu  Programmers dengan data berikut, berikanlah kontribusi nyata kepada negari mu melalui sebuah aplikasi yang berguna atau ikut dalam AppChallenge. Salah satu AppChallenge terdekat yang kami ketahui adalah AppChallenge Pilgub Jateng 2018 informasinya dapat dilihat disini.


Berikut adalah kumpulan data Pemilu yang dapat kamu manfaatkan. Data berikut kami ambil dari infopemilu.kpu.go.id (laman publikasi resmi milik KPU) dan API Pemilu dari perludem.


Api / Json Data Pemilihan 2018


Json Tahapan Pemilihan 2018 (API Pemilu)
Berikut adalah data json yang berisi tahapan, program dan jadwal dalam pilkada serentak 2018, kamu dapat mengetahui tahapan apa yang sedang dilaksanakan KPU saat ini dan yang akan datang, contoh output adalah sebagai berikut

Source : http://api.pemiluapi.org/pilgubjateng/api/v1/tahapanpilgub 

Json Anggaran Pilkada (Infopemilu)
Berikut adalah data json yang berisi dana APBD yang digunakan dalam penyeleggaraan pilkada 2018, untuk mendapatkan hasil yang akurat, kamu dapat mengecek juga di laman resmi masing-masing KPU Prov, Kab, Kota. Data yang disajikan berikut meliputi Pemilihan Gubernur maupun Pemilihan Bupati

Source : https://api.myjson.com/bins/fbxlb 
halaman asli dimuat di laman infopemilu berikut

Pasangan Calon
Siapa calon yang akan berkompetisi di dalam pilkada, berapa dan partai apa saja yang mendukungnya dapat didapatkan melalui data json berikut. Informasi yang didapatkan dari json ini antara lain adakah nomor urut, nama calin, jenis pencalonan (partai/perseorangan), serta nama wilayah dimana mereka mendaftar.
 

Source : https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/paslon/tahapPenetapan/listPaslon.json

Json Dana Kampanye (LADK/LPSDK)
Setiap calon kepala daerah bupati/walikota/gubernur diwajibkan untuk melaporkan dana kampanye yang digunakan, sumber serta penggunaanya, laporan dana kampanye seluruh calon yang terdaftar dalam Pemilihan Tahun 2018 dapat dilihat melalui json berikut

Source : https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/dana-kampanye/listDanaKampanye.json

Daftar Pemilih Tetap Pilkada 2018
DPT telah ditetapkan ditingkat Kabupaten dan Provinsi, masyarakat dapat mengetahui jumlah/rekapnya dan dapat mengecek keterdaftaran dirinya dalam DPT Pilkada serentar 2018. Perlu kamu ketahui, informasi rekapitulasi DPT yang disediakan oleh KPU cukup komplit, bahkan jumlah disabilitas disetiap TPS dapat kamu temukan disini.

A. Rekap DPT Nasional
Rekapitulasi dan Jumlah DPT Nasional dalam Pilkada 2018 dapat diakses melalui json dari infopemilu, melalui alamat berikut.

Source : https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/pemilih/dpt/1/listNasional.json
Seperti yg dijelaskan sebelumnya, Rekapitulasi DPT juga meliputi rekapitulasi informasi difable sampai tingkat TPS, kode disabilitas yang dipakai KPU adalah sebagai berikut :
Kode 1 : Tuna Daksa           
Kode 2 : Tuna Netra           
Kode 3 : Tuna Rungu           
Kode 4 : Tuna Grahita           
Kode 5 : Disabilitas Lainnya
B. Rekap DPT Tingkat Provinsi
Rekapitulasi dan Jumlah DPT Provinsi dalam Pilkada 2018 dapat diakses melalui json dari infopemilu, melalui alamat dibawah. ganti yang berwana merah pada source dibawah dengan nama provinsi yang kamu tuju.
 
Source : https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/pemilih/dpt/1/JAWA TENGAH/listDps.json

C. Rekap DPT Tingkat Kabupaten :
Rekapitulasi dan Jumlah DPT Kabupaten dalam Pilkada 2018 dapat diakses melalui json dari infopemilu berikut, ganti yang berwana merah dengan nama provinsi dan kabupaten yang dimaksud.
 
Source : https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/pemilih/dpt/1/JAWA TENGAH/TEMANGGUNG/listDps.json

D. Cek By Name melalui NIK
Bagi kamu programmers, kamu dapat membuat aplikasi pengecekan keterdaftaran pemilih dalam DPT Pikada Serentak 2018 melalui API ini, buatlah sebuah widget di web atau aplikasi android sehingga memacu orang untuk antusias dan berbondong-bodong mengecek keterdaftarannya dalam DPT.

Untuk menjada kerahasiaan data, KPU hanya menampikan informasi NIK 12 digit, nama, jenis kelamin, serta TPS dimana pemilih tersebut terdaftar.

Source : https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/pemilih/dpt/1/hasil-cari/resultDps.json?nama=&namaPropinsi=&namaKabKota=&namaKecamatan=&namaKelurahan=&notificationType=&_=1522046246261&nik=[MASUKAN NIK YG DICEK]
Salah satu aplikasi yang telah kami buat menggunakan service dari API ini adalah Pemilu Pintar, dimana kamu dapat mengecek DPT untuk seluruh Indonesia. baca disini untu melihat informasi mengenai Pemilu Pintar.

Api / Json Data Pemilu 2019

Partai Peserta Pemilu 2019
Belum lama ini telah ditetapkan partai peserta pemilu 2019 nomor 20 yaitu PKPI, taukah kamu ada berapa partai yang akan bertanding dalam Pileg 2019 dan berapakah nomornya ? data Json berikut akan memebrikan informasi untuk kamu :
Source : https://api.myjson.com/bins/1hbdzj

Peta Dapil dan Alokasi Kursi
Pemilihan Umum (pileg/pilpres) memang baru akan diselenggarakan tahun depan 17 April 2019, namun kickoff tahapan sudah mulai berlangsung tahun ini (2018), informasi apa saja yang dapat kamu gali mengenai pemilu 2019 ini, cek json berikut.

A. Alokasi Kursi dan Peta Dapil DPR RI
Alokasi kursi dan Peta dapil berisi informasi antara lain jumlah kursi dalam 1 dapil serta nama wilayah dan dapilnya.

Source : https://infopemilu.kpu.go.id/pileg2019/api/dapil/32676/0


B. Peta dan Alokasi Dapil DPRD Provinsi
Source : https://infopemilu.kpu.go.id/pileg2019/api/dapil/32676/1

C. Peta dan Alokasi Dapil DPRD Kabupaten
Source : https://infopemilu.kpu.go.id/pileg2019/api/dapil/39436/2

yang ditandai merah dalam source diatas adalah wilayah_id, kamu harus mengetahui wilayah_id lokasi yang akan kamu tampilkan. Kami telah menyediakan API yang dapat kamu akses untuk mendapatkan wilayah_id tempat yang kamu tuju.

Wilayah_Id Provinsi dan Kabupaten 
Json berikut berisi nama wilayah, tingkatan (Provinsi/Kabupaten), serta id_akses yang dapat kamu gunakan sebagai wilayah_id dalam API peta Alokasi Kursi dan Peta Dapil diatas.


Source : https://getbridgeapp.co/api/idwilayahkpu/hompimpa/
Demikianlah beberapa sumber informasi (API/JSON) tentang data pemilu 2018 dan 2019 telah kamu kumpulkan, semoga dapat mempersenjatai aplikasi yang kamu buat.