Mahmudin Ashar contact
Chief author. Open Source enthusiast and Web Programmer Who Working in KPU.
Wednesday, April 4, 2018 at 12:11:00 AM

Pemilu Pintar adalah sebuah nama aplikasi mobile yang berjalan di platform Android, Pemilu Pintar adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung untuk menjadikan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Temanggung Tahun 2018 menjadi lebih menarik, transparan, dan berintegritas. Pemilu Pintar adalah satu dari sekian banyak aplikasi dengan tema Pemilu yang tersedia di Google Play, apa yang membedakan Pemilu Pintar dengan aplikasi sejenis ?

Pemilu Pintar menitik beratkan layanan kepada badan adhoc (PPK/PPS), disetiap tahapan pemilu badan adhoc perlu bekerja secara cermat serta teliti sehingga mereka sangat membutuhkan sebuah alat yang dapat membantu kerja atau setidaknya mempercepat atau mempermudahnya. Berikut akan kita bahas beberapa fitur Pemilu Pintar sekaligus alasan mengapa kita perlu mengakrabi teknologi untuk menyelesaikan permasalah-permasalahan di sekitar penyelenggaraan pemilu di indonesia.



Peta TPS
Kami belum pernah menemukan KPU mempublish / memiliki sebuah informasi mengenai alamat TPS secara komperensif. Peta TPS bukan saja membantu kita  memahami kondisi geografis lebih baik namun juga merupakan salah satu wujud layanan KPU kepada pemilih untuk menginformasikan lokasi TPS pemilih yang detail.

Pemilu Pintar menyediakan fitur marking TPS serta peta TPS bagi pemilih yang nantinya akan digunakan pula pada saat mempublish penghitungan suara di TPS.
Peta TPS Seluruh Temanggung

Layanan Cek DPS / DPT di Pemilihan 2018 Se-Indonesia

Layanan serupa sudah sering ditemui di aplikasi kepemiluan yang lain, apa yang membedakan pemilu pintar dengan tsb ? Di pemilu Pintar bukan hanya informasi keterdaftaran pemilih dalam DPT / DPS saja yang diberikan namun juga lokasi dimana 'saya' seorang pemilih nanti akan memberikan suara (dalam peta).
Pemilu Pintar dapat menampilkan keterdaftara dalam Pilkada 2018 seluruh indonesia, hanya dengan memasukan NIK.
Input Perolehan di TPS dengan Foto C1 Plano
Tentu kita semua sudah sangat familiar dengan website publikasi KPU yg memberikan informasi hasil Scan C1, kami melakukan inovasi dengan cara PPS megnirimkan memfoto C1 Plano karena dilapangan sangat pernah kita temukan adanya perbedaan rekap, kesalahan penulisan, serta perbedaan salinan C1 yang dibawa masing-masing stakeholder. C1 Plano merupakan data rujukan pertama bagi PPL/Panwas, Timses Calon, dan KPU apabila terdapat perbedaan salinan C1, maka dari itu kami mengganggap perlu untuk mendokumentasikan C1 Plano ini.
Kami akan melakukan rekap dari C1 Plano yg diberikan, sehingga sebelum rekap di kecamatan hasil pasti telah kita peroleh dari plano.
Laporkan!
Fungsi ini adalah menu pelaporan pelanggaran, kekurangan, atau segala sesuatu yg KPU perlu mengetahuinya. Untuk penyelengaraan yang lebih baik kami mengangap penting untuk mendengar setiap informasi, keluhan serta kesalahan dan dengan pemilu pintar kami mengelola masalah melalui menu ini.
Informasikan semua informasi yang masyarakat perlu tau, sebagai laporan atau arsip

 

Install Pemilu Pintar di Android!

Silahkan install aplikasi ini di andoid mu, buka Google Play dan mengetik "Pemilu Pintar" dalam kotak pencari, atau melalui link berikut.
Pemilu Pintar di Google Play